Tips Melakukan Backup Blog Wordpress


Jika kita telah lama menjalankan blog dengan platform Wordpress dan blog tersebut telah memberikan penghasilan atau memiliki banyak posting, tentu melakukan backup adalah suatu hal yang penting. Hal ini untuk berjaga-jaga apabila blog yang dijalankan mengalami gangguan seperti serangan hacker sehingga beberapa file mengalami kerusakan atau hilang atau jika pada perjalanan ngeblog mengharuskan kita untuk pindah hosting.

Dengan melakukan backup Wordpress secara rutin akan lebih mudah karena file yang harus didownload atau disimpan berukuran lebih kecil, namun bagaimana jika kita terpaksa harus melakukan backup blog secara mendadak dan file yang harus dibackup berukuran besar?. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan backup blog Wordpress (WP) secara komplit.


Cara Yang paling mudah untuk melakukan backup adalah melalui Cpanel hosting, kita bisa mendownload semua file yang ada di hosting kita sehingga nantinya bisa direstore kembali.

Dengan Plugin Backup Wordpress kita juga dapat dengan mudah melakukan backup blog yang kita jalankan. Dengan plugin ini kita tidak hanya melakukan backup file-file wordpress namun juga database MySQL sekaligus, serta backup dapat dilakukan secara terjadwal, kekurangan dari plugin ini adalah akan membutuhkan server resource yang tidak sedikit, sehingga jika server hosting yang kita gunakan tidak memadai blog akan down, lambat atau bahkan account hosting akan di suspend.

Plugin lain yang bisa digunakan adalah WP-DB-Backup yang akan melakukan backup seluruh tabel database blog kita, namun kekurangan dari plugin ini adalah kita tidak bisa melakukan backup file-file wordpress kita seperti themes dll,

Cara yang terakhir adalah dengan me-export blog wordpress ke blogger, namun kita sebelumnya harus mendownload file-file wordpress seperti themes, plugins atau script add-on yang sekiranya perlu diselamatkan, cara melakukan export Wordpress ke Blogger adalah sebagai berikut.

Login ke dashboard WP-->klik tab Tools-->Export kemudian download file XML dengan klik Tombol Download Export File.
Pergi ke Wordpress2Blogger, klik tombol Choose kemudian cari dimana kita menyimpan file Wyang telah kita download dari WP kemudian klik Convert, disini kita akan mengkonvert file dari Wordpress yang nantinya dibutuhkan oleh Blogger download file hasil convert tersebut.)
Masuk ke Blogger, klik tab Pengaturan/Setting-->klik Dasar/Basic-->klik impor blog/Import untuk mengupload file hasil convert yang telah kita simpan

0 Response to "Tips Melakukan Backup Blog Wordpress"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme